New Post

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Prangkat Jaringan Komputer

Penjelasan Tentang Beberapa Perangkat Hardware Jaringan Komputer


Sebuah jaringan komputer, dimana suatu komputer terhuung dengan komputer-komputer yang lain, memiliki beberapa perangkat keras yang dihubungkan untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lain dan membuat komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi. 

Berikut ini perangkat-perangkat yang diperlukan untuk membentuk sebuah jaringan komputer.
 
  • Komputer Server

Komputer server umumnya mempunyai sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat pada komputer server biasanya berisi data yang digunakan bersama-sama oleh komputer-komputer klien. 

Pada jarinyan yang besa, dimana data harus ditanganioleh server cukup besar, server untuk database dibuat terpisah dengan server untuk jaringan. 

Jika jaringan dihubungkan ke internet, kumputer server juga berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet.
komputer-server
  • Komputer Klien / Client

Komputer klien / client adalah komputer yang ada di dalam sebuah jaringan komputer yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses data dan informasi. Komputer klien menerima layanan dari komputer server.

Layanan tersebut bisa berupa layanan koneksi ke internet, layanan data dan informasi, maupun layanan koneksi dan komunikasi dengan komputer lain yang ada dalam jaringan. Jumblah klien yang terdapat dalam sebuah jaringan biasanya dapat mencapai puluhan dan bahkan ratusan.
client-server
  • Kartu Jaringan / LAN Card

Kartu Jaringan [ Lan Card ] adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer-komputer yang terdapat di jaringan [ baik itu server maupun client ].

Pada saat ini, beberapa mother board sudah dilengkapi dengan LAN Card sehingga tidak perlu lagi dibeli secara terpisah.

Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data.
lan-card-kartu-jaringan
  • HUB Dan Switch

Apa Itu HUB?
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. 

Kelebihan HUB:
Bekerja secara half-duplex, mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut.
Jika penghubungnya memakai Hub, maka data yang dikirim dari Komputer1 akan dikirim ke semua komputer (Komputer2, Komputer3, Komputer4, dan Komputer5), dan nanti masing-masing komputer akan mengecek data itu dikirimkan kepada siapa, karena dikirim kepada Komputer5, maka yang lain hanya mengabaikannya.. 

Apa Itu Switch?
Switch adalah Sebuah Networking Device yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa node dalam jaringan namun memiliki fungsi lain yaitu sebagai pencegah Collision dengan cara memberi jalur aliran data masing-masing sesuai Port / Collision Domain. Jadi, jika menggunakan Switch setiap Client dapat melakukan Komunikasi data tanpa adanya masalah Collision (Tabrakan) Data. 

Kelebihan Switch:
Performance : Karena sistem tertentu yang melekat pada switch hanya melihat informasi secara eksplisit ditujukan kepada NIC, ada sedikit overhead waktu yang dihabiskan membuang paket yang tidak perlu membaca setiap NIC mendapatkan paket sendiri dikirimkan ke switch secara independen satu sama lain terikat dengan NIC beralih. 

Hemat kabel, karena kabel straight atau cross yang sudah ada dapat digunakan di switch.
kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan shared network pada hub dan dapat memeriksa dan menganalisa seluruh paket sebelum diteruskan ke tujuan. 

gambar hub dan switch
  • Kabel Jaringan Dan Konektor

Kabel dan konektor dalam sebuah jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkn satu komputer dengan komputer yang lain atau satu komputer dengan perangkat jaringan lain, misalnya hub, switch, modem dll. Ada beberapa tipe kabel yang sering digunakan di jaringan lan, antara lain :
  • #1 Kabel Coaxial
    Kabel Coaxial digunakan pada LAN sebelum akhirnya digantikan oleh UTP
  • #2 KABEL UTP
    Kabel UTP atau [ Unshielded Twister Pair ] merupakan kabel yang paling banyak digunakan untuk LAN. Kabel UTP terdiri dari 8 kawat tembaga yang disusun secara berpasangan, masing-masing pasang kabel tidak dipisahkan satu dengan yang lain dengan pembungkus. Kabel tersebut dihubungkkan dengan perangkat jaringan menggunakans ebuah konektor yang disebut RJ-45
  • #3 Kabel STP
    Berbeda dengan kabel UTP, kabel STP mempunyai pembungkus yang memisahkan masing-masing pasang kabelnya. Hal ini untuk mengurangi gangguan elektrik di antara pasangan kabel maupun gangguan dari luar, Sama seperti kanbel UTP kabel STP juga dapat menggunakan konektor RJ-45. Kekurangan dari kabel STP, harganya mahal, instalasi yang cukup rumit.
  • #4 Kabel Fiber Optik
    Kabel fiber optik banyak digunakan pada jaringan WAN [ Wide Area Network ] karena kemampuannya untuk mengirim data dalam jumblah yang besar cepat dan jarak transmisi yang cukup jauh.

gambar kabel jaringan dan konektor
  • Repeater

Jarak dua komputer du haringan yang menggunakan kabel UTP dibatasi sampai 100 Mater. Lebih dari jarak tersebut, sinyal yang dikirimkan menjadi lemah sehinggak koneksi antar komputer akan terganggu.

Oleh karena itu, jika ingin menempatkan komputer di dalam jaringan dengan jarak yang lebih besar dari 100 Meter, dibutuhkan penguat sinyal yang disebut repeater.

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater menguatkan sinyal dari komputer pengirim sehingga kekuatan sinyal sama dengan kekuatan aslinya.
gambar repeater
  • Bridge


Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan [ LAN ] dengan jaringan yang lain. Dengan menggunakan bridge, sebuah jaringan yang lebih besar yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan dapat di peroleh.
gambar bridge
  • Router


Router Berfungsi untuk mengatur aliran data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router, arus data dari satu lan dapat di isolasi dari arus lan yang lain. Dengan demikian, arus data dari satu lan tidak bercampur dengan arus data lan yang lain.
  • Firewall

Firewall adalah perangkat yang dipasang di dalam jaringan komputer sebagai perangkat keamanan. Firewall berfungsi untuk melindungi jaringan dari serangan pihak luar. Firewall bekerja dengan cara menyeleksi data-data yang masuk ke dalam atau ke luar dari jaringan yang dilindunginya.

Jika paket data yang melalui dicurihai sebagai paket data yang berbahaya, firewall akan memblck paket data tersebut.

Sebaliknya, Jika paket data dianggap aman, firewall akan mengizinkan paket data masuk ke dalam jaringan, Demikian juga sebaliknya dengan paket-paket data yang dikirim ke luar jaringan.

Secara fisik, firewall dapat berupa perangkat keras / hardware seperti gambar berikut.

hardware firewall

Cukup sekian penjelasan dari saya tentang Macam - Macam Perangkat Pendukung Jaringan Komputer ini, semoga bermanfaat. sumber #Buku Kelas 3 SMP.

2 Responses to "Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer"

  1. sekarang ada jaringan mjc bener g bang?
    by dedi mitsubishi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru denger gan, Jaringan MJC. Coba nanti saya pelajari dulu. Thank Atas infonya.

      Delete

Tinggalkan Jejak Kalian Di Kolom Komentar Ini, untuk memberikan semangat kepada admin.