New Post

Beberapa Perintah Command Prompt Yang Bermanfaat


beberapa perintah command prompt / cmd yang perlu anda ketahui

TKJdiKensasi | 10 Perintah Command Prompt Yang Perlu Anda Ketahui

Halo sobat anak TKJ, kaliini saya selaku admin di blog TKJdiKENSASI ini akan share beberapa perintah CMD yang mungkin saja akan bermanfaat untuk pc/laptop kita, disini ada 10 perintah dulu yang akan saya share, antara lain ada ipconfig, ipconfig /flushdns, ping, treacert, netstat -an, shutdown, recimg, sfc /scannow, cipher, powercfg -energy. Sebetulnya masih banyak sih perintah cmd yg sangat bermanfaat, tapi di sini hanya 10 dulu ya, dan untuk lebih jelasnya, silahkan baca apa sih pungsi dari beberapa perintah di atas :)
  •  ipconfig

    Untuk perintah ipconfig mungkin sudah sering kamu dengar tetapi mungkin juga belum ada yang mendengarnya. Perintah ipconfig digunakan untuk melihat detail jaringan yang kamu gunakan, seperti ip address, mac address dan masih banyak lagi. Mungkin biasanya kamu melihat ip address dari Control Panel dengan melalui langkah yang panjang, tetapi dengan menggunakan perintah diatas kamu dapat dengan sekejap melihat ip address.
  •  ipconfig /flushdns

    Jika kamu mengganti DNS dan tidak segera mendapatkan efek dari DNS, mungkin kamu masih terperangkap di DNS yang lama. Windows menggunakan cache DNS untuk dapat melakukan pengiriman data, ini akan menghemat waktu ketika kamu mengakses address yang sama di masa mendatang. Untuk membersihkan DNS cache, kamu dapat menggunakan perintah ipconfig /flushdns setelah mengganti DNS server.
  • ping, tracert alamat situs atau ip address

    Jika kamu ingin memeriksa sebuah situs atau komputer jaringan, kamu bisa menggunakan perintah ping disertai dengan alamat situs atau ip address. Jika ping berjalan dengan lancar, berarti situs atau ip address tersebut tidak mengalami masalah. Tetapi jika kamu sering time out, berarti situs atau ip address tersebut bermasalah. Sebagai contoh jika kamu ingin mengakses tkjdikensasi.blogspot.com tetapi tidak terbuka-terbuka, kamu bisa memeriksanya dengan ping tkjdikensasi.blogspot.com. Jika time out berarti facebook mengalami masalah.
    Ada juga perintah tracert yang juga bisa untuk memeriksa situs atau alamat ip yang ingin kamu akses.
  • netstat -an

    Perintah netstat juga sangat berguna untuk menampilkan berbagai macam network statistik. Perintah netstat memiliki banyak variasi dan salah satu yang berguna adalah netstat -an yang menampilkan daftar network yang terbuka pada jaringan komputer yang kamu miliki.
  • shutdown

    Command Prompt juga bisa kamu gunakan untuk menuliskan perintah shutdown, selain itu kamu juga bisa menggunakan perintah tersebut sebagai shortcut. Dengan begitu kamu akan lebih cepat melakukan shutdown dibandingkan dengan menggunakan menu tampilan shutdown. Berikut perintah yang bisa kamu gunakan:

    Shut down: shutdown /s /t 0

    Restart: shutdown /r /t 0

    Resart ke Startup Option: shutdown /r /o

  • recimg

    Windows 8 memiliki fitur Refresh Your PC yang memungkinkan kamu untuk mengembalikan Windows dalam keadaan semula saat pertama kali diinstall tanpa perlu melakukan install ulang Windows. Windows 8 juga memiliki fitur recovery image yang tersembunyi dan bisa dilakukan dengan menggunakan perintah di command prompt, perintah tersebut adalah recimg. Untuk membuat recovery image, kamu dapat mengetikkan perintah seperti dibawah ini.
    recimg /createimage (path) (contoh : recimg /createimage D:\tkjdikensasi\recovery_1)
  • sfc /scannow

    Windiws juga memiliki fitur tool system file checker yang bisa membantu kamu untuk memperbaiki Windows dengan memeriksa file yang ada di system Windows. Jika ada file di system Windows yang hilang atau corrupt, tool system file checker akan memperbaikinya. Ini sudah banyak membantu permasalahan yang dialami system Windows. Untuk menggunakan tool system file checker, ketikkan perintah sfc /scannow di command prompt.
  • cipher

    Perintah cipher digunakan untuk mengatur enkripsi, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan hardisk atau drive. Perintah ini sering digunakan untuk membersihkan drive secara menyeluruh dan membuat file tidak bisa dikembalikan lagi. Berikut perintahnya.
    cipher /w:Drive (contoh : cipher /w:D )
  • powercfg -energy

    Jika kamu menggunakan laptop atau device yang menggunakan batterai, perintah powercfg -energy adalah perintah yang cukup penting untuk kamu ingat. Perintah ini digunakan untuk melihat aplikasi atau apapun yang menyebabkan batterai device kamu cepat habis dan melihat permasalahan lainnya.
Itulah Beberapa perintah cmd / command prompt yang mungkin dapat bermanfaat bagi yang membacanya, untuk perintah cmd yang lainnya akan menyusul ya :)
Tag: TKJ, Daftar IsI, Software, Pengetahuan, Perintah CMD.
Cukup sekian dan terimakasih, jangan lupa tinggalkan jejak anda di kolom komentar.
Copyright ©TKJdiKENSASI - sumber :winpoin 


0 Response to "Beberapa Perintah Command Prompt Yang Bermanfaat"

Post a Comment

Tinggalkan Jejak Kalian Di Kolom Komentar Ini, untuk memberikan semangat kepada admin.