New Post

Apa Yang Dimaksud Dengan Internet

pengertian internet

Pengertian Internet, Manfaat Internet, Fungsin Internet, Sejarah Internet.

Internet pasti sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mungkin beberapa dari kalian sdah mulai bergantung pada Internet.
Kamu harus menggunakan internet untuk mengirim email, chatting dengan teman, bergaul di situs jejaring sosial, mencari informasi, bahkan untuk menyontek pada saat ulangan dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, internet sudah jadi bagian dari hidup kita.
Kita tidak dapat lagi hidup tanpa Internet, apa saja aplikasi Internet yang dapat dimanfaatkan, dan sejarah serta perkembangannya.


Apa Itu Internet?

Internet berasal dari kata International Network [Williams & Sawyer, 2011].
Kalau di terjemahkan secara langsung berarti Jaringan Internasional.
Internet adalah Kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalan sebuah jaringan. Disebut jaringan Internasional karena internet menghubungkan komputer-konputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Oleh karena Internet merupakan kumpulan jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung, maka Internet juga sering disebut [ Interconected Network ]. Saat ini diperkirakan ada ratusan ribu jaringan konputer. 

Mengapa Internet disebut dunia tanpa penguasa?

Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di Internet. Oleh karena itu, Internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada perusahaan-perusahaan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu. 

Peranan penting Internet 

Ada dua peranan internet yang sangat penting [1] Internet Sebagai sumber data dan informasi, [2] sarana komunikasi data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumblah yang tidak terbatas. Kamu bisa mengakses informasi apa aja di Internet. 
  • Internet Sebagai sarana komunikasi dan informasi, internet dapat digunakan untuk komunikasi data dan informasi dari satu komputer dengan komputer yang lain tanpa diatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. 
  • Internet menjadi salah satu pemicu globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet menungkinkan siapapun dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatsi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, jukum, atau birokrasi suatu negara. 

Berbagai Aplikasi Internet 

Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media masa, periklanan, dan bebbagai sektor industri lainnya.
Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan di gunakan, antara lain :
World Wide Web [ WWW ]
Email
Mailing List [ milis ]
Newsgroup
Internet Realy Chat [ IRC ]
File Transfer Protocol [ FTP ]
Telnet
Gopher
Ping
Volp.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET 

Di era globalisasi ini, manusia mengirimkan pesan dan membicarakan hal-hal yang menarik melalui internet, baik mengenai pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi dan hal-hal lainnya karena pengiriman pesan melalui internet sangat cepat dan relatif mudah. Sebelum adanya internet, manusia mengirimkan pesan melalui kantor pos untuk berkomunikasi. Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1957, merupakan cikal bakal terbentuknya internet.
  1. Pada tahun 1957, Negara Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan satelit luar angkasa bernama Sputnik. Sebagai tanggapan terhadap peluncuran satelit Uni Soviet, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency). ARPA bertugas meningkatkan kemampuan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh militer. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
  2. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menciptakan teknologi packet-switching dimana pesan yang dikirimkan dipecah ke dalam bentuk paket-paket, untuk menghindari rusaknya file pesan yang dikirimkan.
  3. Pada tahun 1962, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) mengadakan riset, tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer, sehingga membentuk jaringan organik.
  4. Pada tahun 1969, diluncurkan sebuah jaringan eksperimen yang menghubungkan empat buah universitas di Negara Amerika Serikat yaitu Universitas Of California di Los Angeles, Universitas Of California di Santa Barbara, Stanford Research University dan University of UTAH.
    Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Defense Advanced Research Projects Agency) Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.
  5. Pada Tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
  6. Pada Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menciptakan program e-mail untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
  7. Pada Tahun 1973, Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat, yaitu komputer University College di London, yang merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet.
  8. Tahun 1976 merupakan hari yang bersejarah ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern.
  9. Pada Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET Newsgroups. Di dalam newsgroups ini, manusia dapat berkomunikasi dalam satu forum perbincangan.
  10. Pada Tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
  11. Adanya jumlah jaringan komputer yang semakin banyak, maka pada tahun 1982 memerlukan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun tersebut NCP (Network Control Protocol) dikembangkan menjadi Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP
  12. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka di tahun ini diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name System. Domain Name System adalah konversi dari nama ke angka.

    Cara kerja DNS tersebut dapat kita lihat misalnya saat kita akan menghubungi www.google.com .

    1. PC kita mengontak Server DNS lokal untuk menanyakan IP Address www.google.com
    2. Server DNS lokal akan melihat ke dalam memori penyimpanan-nya :
      • Jika data itu terdapat di dalam memori penyimpanan server DNS lokal, maka server DNS lokal akan mengontak Server DNS www.google.com untuk menanyakan alamat IP dari www.google.com, dan Server DNS www.google.com memberikan data alamat IP www.google.com
      • Server DNS lokal memberitahu alamat IP untuk www.google.com kepada Browser/Client (PC kita). 
      • jika tidak, maka server tersebut mengontak server DNS di atasnya (biasanya disebut Root DNS server) untuk mengetahui alamat IP dari DNS server yang mengelola domain www.google.com . 
      • Jika domain www.google.com benar-benar ada, maka Root DNS akan mendapatkan alamat IP server DNS www.google.com, kemudian alamat dikirim ke server DNS lokal kita. 
      • Server DNS lokal akan mengontak Server DNS www.google.com untuk menanyakan alamat IP dari www.google.com, dan Server DNS www.google.com memberikan data alamat IP www.google.com 
      • Server DNS lokal memberitahu alamat IP untuk www.google.com kepada Browser/Client (PC kita).

  13. Pada Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Internet Relay Chat memungkinkan kita untuk dapat melakukan pembicaraan langsung melalui internet di tempat yang berbeda atau sekarang populer disebut dengan istilah chatting. 
Itulah Penjelasan tentang Internet yang saya rangkum dari buku kelas IX [ sembilan ]  ini, semoga bermanfaar. Apabila ada yang mau ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar. Buat yang butuh file ini, silahkan hubungi saya.

Buat yang suka Copas Artikel untuk di publis lagi di blognya, mohon sertakan sumbernya juga, makasih.

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Internet"

Post a Comment

Tinggalkan Jejak Kalian Di Kolom Komentar Ini, untuk memberikan semangat kepada admin.