New Post

Perbedaan Antara Web HTTP, HTTPS, dan FTP

Perbedaan Antara Website HTTP, HTTPS, dan FTP

Gan tau ga apa sih perbedaan / pengerian dari HTTP, HTTPS DAN FTP?


Perbedaan Website HTTP, HTTPS, dan FTP - Mungkin beberapa dari Anda tidak terlalu memperhatikan format penulisan alamat sebuah website pada address bar saat sedang mengakses sebuah website. Yang paling umum dijumpai berformat http://domain.com atau https://domain.com.

Perlu Anda ketahui, bahwa format penulisan alamat pada address bar tidak seperti kedua contoh diatas saja, beberapa website memiliki format penulisan alamat ftp://ftp.domain.com/. Tentu saja format penulisan website yang berbeda-beda ini memiliki maksud dan fungsinya tersendiri, bukan sekedar hiasan belaka.

Berikut adalah perbedaan antara website dengan alamat http, https dan ftp

  • Protocol yang digunakan
    Website HTTP Website jenis ini menggunakan protocol Hypertext Transfer protocol yang disingkat HTTP, dimana protocol ini tergabung dalam lapisan Aplication pada OSI Layer. Protocol http bertugas untuk mengatur komunikasi antara program web browser dengan web server. Dengan kata lain HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server.

    Tidak dianjurkan melakukan transaksi di internet dan urusan perbankan, karena paket yang dikirim menggunakan protokol ini tidak terenkripsi, sehingga dianggap kurang aman.

    Website https Website jenis ini menggunakan protocol Hypertext Transfer Protocol Scure yang disingkat HTTPS, dimana protocol ini tergabung dalam lapisan Aplication pada OSI Layer. Protokol HTTPS ini bisa dikatakan adalah versi amannya HTTP. Tugas dan fungsi sama seperti http, namun tingkat keamanan protokol HTTPS lebih menjanjikan komunikasi atau transaksi antara web browser dan web server menjadi lebih aman.

    Dengan protocol HTTPS transaksi antara browser dan webserver harus melalui proses registrasi, sign in, authentikasi dan enkripsi terhadap data atau pesan yang akan dikirim.

    Website Ftp Website jenis ini menggunakan protocol File Transfer Protocol yang disingkat FTP, dimana protocol ini tergabung dalam lapisan Aplication pada OSI Layer. FTP bertugas untuk melayani proses transfer file antara dua buah mesin melalui jaringan yang memakain Internet Protocol (IP). Sebuah komputer mengupload file ke sebuah FTP Server, dan kemudian file tersebut dapat di download oleh komputer lain. Fungsinya hampir sama dengan HTTP, karena keduanya berfungsi untuk mentransfer data dari suatu server ke komputer Anda.
  • Port number
    Untuk sistem keamanan jaringan, mengetahui nomor port suatu protocol menjadi sangat penting. Jika kita mengetahui nomor port, maka kita bisa menentukan port mana yang harus dibuka dan ditutup untuk menjaga keamanan jaringan. Meski sama-sama menggunakan web browser, nomor port ketiga protokol ini berbeda-beda.

    HTTP port 80
    HTTPS port 443
    FTP port 21
  • Penggunaan website
    Website HTTP dan HTTPS dipakai untuk mengakses web server dan menampilkannya pada web browser sedangkan website FTP dipakai untuk kebutuhan transfer file dan sebuah file server ke pada klien dan juga sebaliknya. Web site ftp dipakai oleh web administrator untuk mengirimkan atau upload data konfigurasi atau content website ke web server.
  • Tampilan website
    Website HTTP dan HTTPS biasanya dibuat dengan tampilan yang menarik penuh dengan disain grafis yang bagus dan interaktif (contohnya blog TJJ | KENSASI ini). Sedangkan website FTP tampilannya sederhana hanya berupa susunan file dan folder dalam sebuah direktori. 
  • Contoh website FTP adalah //ftp.debian.org/debian/
 
Ok, cukup sampai disin penjelasan dari saya tentang PERBEDAAN ANTARA HTTP, HTTPS DAN FTP, semoga menambah wawasan anda :)
by : TKJ | KENSASI

0 Response to "Perbedaan Antara Web HTTP, HTTPS, dan FTP"

Post a Comment

Tinggalkan Jejak Kalian Di Kolom Komentar Ini, untuk memberikan semangat kepada admin.