New Post

Jenis-jenis Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Mengenal Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang dihubungkan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak sebagai sarana komunikasi antar komputer. Komputer di jaringan umumnya dihubungkan menggunakan Network Interface Card (NIC) dan kabel khusus jaringan. Selain menggunakan model kabel (wired), jaringan juga bisa dihubungkan dengan model tanpa kabel (wireless) atau melalui gelombang udara. Adapun perangkat lunak berfungsi sebagai aplikasi yang menjembatani perangkat keras agar bisa berkomunikasi.

jenis jaringan komputer berdasarkan media penghubungnya adalah :
  • Jaringan kabel (wired)
  • Jaringan tanpa kabel / nirkabel (wireless)
Selain berdasarkan media penghubungnya, jaringan komputer juga lazim dibedakan berdasarkan luasnya cakupan wilayah atau skalabilitasnya. Adapun jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan skalanya adalah sebagai berikut :
  • Jaringan Personal atau PAN (Personal Area Network) : Jaringan komputer yang digunakan secara personal dan terbatas untuk menghubungkan sebuah komputer dengan piranti teknologi lainnya, seperti ponsel, PDA, mesin fax, dan sejenisnya.
Jenis-jenis Jaringan Komputer
  • Jaringan Lokal atau LAN (Local Area Network) : Jaringan komputer berada pada suatu area tertentu (misalnya lab sekolah, warnet, kantor, dan sebagainya).
Jenis-jenis Jaringan Komputer
  • Jaringan Metropolitan atau MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan komputer skala besar, misalnya menghubungkan komputer dalam satu kota atau satu kampus.
Jenis-jenis Jaringan Komputer
  • Jaringan Luas atau WAN (Wide Area Network) : Jaringan komputer skala luas meliputi wilayah geografis tertentu, misalnya dalam satu propinsi atau negara.
Jenis-jenis Jaringan Komputer
  • Jaringan Global atau Internet (Internetwork) : Jaringan komputer skala global yang merupakan gabungan dari berbagai jenis jaringan komputer di seluruh dunia.
Jenis-jenis Jaringan Komputer
Cukup sampai disini saja penjelasan dari saya tentang Macam - Macam Jaringan Komputer Beserta Fngsi Dan Contohnya, semoga artikel ini dapat membantu kalian.
Jangan lupa tinggalkan jejak anda di komentar, Bagi yg mau copas sertakan link sumbernya. TERIMAKASIH.

Salam Anak [: TKJ | Teknik Komputer Karingan



0 Response to "Jenis-jenis Jaringan Komputer Dan Pengertiannya"

Post a Comment

Tinggalkan Jejak Kalian Di Kolom Komentar Ini, untuk memberikan semangat kepada admin.